Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) IAI Al Fatimah Bojonegoro melakukan kegiatan Company Visit sebagai kegiatan tengah semester tahun 2024/2025. Kegiatan keberbagai perusahaan wilayah Jatim berlangsung dua hari Sabtu-Minggu (2-3/11/24) kali ini dengan tujuan PT. Pakuwon Jati TBK. Surabaya dan ke Pacet Mojokerto yaitu Klurak Eco Park.
Tujuan utama dari company visit ini adalah sebagai wahana memperkaya wawasan mahasiswa Prodi MKS dalam melihat secara dekat terkait perkembangan dunia bisnis dan industri serta untuk mengetahui potensi pasar dan perekonomian masyarakat khususnya di Jawa Timur.
Kunjungan kesalah satu pusat perbelanjaan modern Mall Pakuwon Surabaya ini memberikan wawasan pasar modern secara langsung kepada mahasiswa, selanjutnya dengan melihat langsung nantinya mampu memberikan wacana dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dapat dan bisa memberikan acuan dalam pengembangan serta peluang bisnis di masa-masa mendatang.
Kegiatan camping dan explorasi alam yang diikuti mahasiswa Prodi MKS baik semester 1 dan semester 3 serta dibimbing oleh Azwar Cholili, SE., S.Pd., MM. Dosen IAI Al Fatimah Bojonegoro. Kegiatan semacam ini juga bertujuan untuk membina rasa persaudaraan, memperkuat ikatan alumni, saling peduli, dan menjalin kerjasama yang memunculkan sinergitas antar mahasiswa.
Output yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini adalah Laporan Kegiatan bagi mahasiswa semester 1, dan Proposal Inovasi Produk bagi mahasiswa semester 3. Dengan adanya kegiatan tengah semester ini diharapkan mampu memberikan pengalaman baru, memperluas perspektif atau cara pandang mahasiswa terkait bisnis serta mampu melihat peluang yang ada di pasar yang berkembang dengan sangat cepat di era yang serba digital.
Perlu diketahui bahwa Pakuwon Mall yang merupakan Mall tebesar di Indonesia yang berlokasi di Surabaya, dengan luas 200.000 M² dengan lebih dari 1000 toko di dalamnya. Dengan keindahan interior di dalam mall yang sangat aesthetic dan megah, mall yang berdiri pada tahun 2017 ini didesain oleh DP Architect Singapore, sebuah perusahaan arsitektur terkemuka di Asia yang sudah mendesain berbagai bangunan iconic di berbagai belahan dunia sejak tahun 1967.
Sesampainya disana, mahasiswa berkeliling dan menjelajahi berbagai sudut mall yang memiliki 7 lantai ini, sembari mengamati berbagai inovasi produk yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Banyak sekali produk-produk baru yang belum ada di pasar Bojonegoro, terutama di bidang kuliner, fashion, interior, hingga produk-produk kesehatan dan kecantikan. Diharapkan dalam kemampuan pengamatan pasar dan mencari inspirasi untuk menggali peluang bisnis sangat penting, karena seorang entrepreneur adalah seorang yang mampu mengubah ide dan gagasan menjadi sebuah produk riil dan dapat diproduksi.