Profil Lulusan
- Guru Matapelajaran IPS multidisiplin berbasis nilainilai keislaman dan kearifan lokal (etnopedagogis dan ecopedagogis)
Sarjana pendidikan yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan IPS pada sekolah/madrasah (SMP/MTs) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertangung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. Mahasiswa program studi S1 Tadris IPS berintegritas yang menguasai konsep keilmuan dan prinsip pedagogi-didaktik IPS untuk mendukung tuntutan profesi sebagai tenaga pendidik IPS yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPS melalui pendekatan multidisiplin (terpadu).
Lulusan bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan profesi menjadi guru kelas MI. Dengan kompetensi pedagogik didaktik dan penguasaan materi keilmuan yang mencakup perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, dan psikologi perkembangan anak melalui pendekatan komperhensif. Lulusan S1 Tadris IPS memiliki kemampuan kerja dalam bentuk guru mapel IPS di SMP/MTs sederajat atau guru mapel IPS pada jenjang sedolah dasar.
- Peneliti Pembelajaran IPS
Sarjana pendidikan yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertangung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. Sarjana pendidikan yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai asisten peneliti.
dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertangung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian Peneliti yang mampu menganalisa, mengkaji dan mengevaluasi permasalahan pembelajaran IPS pada jenjang MTs/ SMP dan sederajat, mengunakan metodologi ilmiah kemudian melaporkannya secara tertulis berdasarkan prinsip-prinsip penulisan ilmiah, berpengetahuan luas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. Lulusan sarjana program studi Tadris IPS dibekali kemampuan sebagai peneliti yang mampu membuat rancanagan penelitian tindakan kelas, penelitian pengembangan (model pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran), dan penelitian penerapan merupakan keahlian penunjang dalam meningkatkan kapasitas lulusan pada program Profesi Berkelanjutan (PKB). Lulusan bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan profesi menjadi guru mapel IPS pada jenjang SMP/MTs sederajat atau guru mapel disekolah dasar yang kompeten dibidangnya.
- Peneliti Pembelajaran IPS
Sarjana pendidikan yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertangung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Sarjana pendidikan yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertangung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian Peneliti yang mampu menganalisa, mengkaji dan mengevaluasi permasalahan pembelajaran IPS pada jenjang MTs/ SMP dan sederajat, mengunakan metodologi ilmiah kemudian melaporkannya secara tertulis berdasarkan prinsip-prinsip penulisan ilmiah, berpengetahuan luas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Lulusan sarjana program studi Tadris IPS dibekali kemampuan sebagai peneliti yang mampu membuat rancanagan penelitian tindakan kelas, penelitian pengembangan (model pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran), dan penelitian penerapan merupakan keahlian penunjang dalam meningkatkan kapasitas lulusan pada program Profesi Berkelanjutan (PKB).
Lulusan bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan profesi menjadi guru mapel IPS pada jenjang SMP/MTs sederajat atau guru mapel disekolah dasar yang kompeten dibidangnya.
- Enterpreneur ekonomi kreatif
Menjadi wirausaha yang bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pemanfaatan teknologi informasi digital untuk mengembangkan ekonomi kreatif.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran program studi sarjana Tadris IPS merujuk pada SN DIKTI atau KKNI level 6 (Perpres No. 8 Tahun 2012 Tentang KKNI) sebagai berikut:
- Mampu mengaplikasikan keilmuan dibidang Tadris IPS dan memanfaatkan lmu pengetahuan, teknologi, pada bidang Tadris IPS dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
- Menguasai konsep teoritis bidang Tadris IPS secara umum dan konsep teoritis bagian khusus ecopedagogis dan etnopedagogis secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dibidang Tadris IPS dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi di bidang Tadris IPS.