Profil utama lulusan S1 Tadris IPA adalah Guru mata pelajaran IPA terpadu yang dibekali skill sebagai teknologi pendidikan. Terpadu yang dimaksud adalah keterkaitan antara ilmu pendidikan, materi IPA, dan konteks keislaman. Kemudian konsep keterpaduan dengan kemampuan mengembangkan teknologi pendidikan yang mutakhir dan tepat guna.
Penyusunan profil lulusan S1 Tadris IPA didasarkan pada upaya untuk menghadirkan sumber daya manusia di Kab. Bojonegoro dan sekitarnya yang butuh akan kompetensi Guru IPA Terpadu. Selain itu profil lulusan ini disusun dengan tetap memperhatikan pengembangan kurikulum kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)
Profil Lulusan
- Guru Matapelajaran IPA Terpadu
S1 Tadris IPA berintegritas yang menguasai konsep keilmuan dan prinsip pedagogi-didaktik IPA untuk mendukung tuntutan profesi sebagai tenaga pendidik IPA yang merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA melalui pendekatan interdisiplin (terpadu)
- Peneliti Pembelajaran IPA Tingkat Pemula
Peneliti yang mampu menganalisa, mengkaji dan mengevaluasi permasalahan pembelajaran IPA pada jenjang MTs/ SMP dan sederajat, mengunakan metodologi ilmiah kemudian melaporkannya secara tertulis berdasarkan prinsip prinsip penulisan ilmiah, berpengetahuan luas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
- Teknologi Pembelajaran IPA
Pengembang teknologi pembelajaran yang memiliki kemampuan merancang dan mendesain model dan media pembelajaran dalam bidang IPA pada sekolah SMP/MTs dan sederajat berbantukan Teknologi mutakhir dan tepat guna yang berkepribadian baik, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran program Studi S1 Tadris IPA Merujuk pada SN-DIKTI atau KKNI LEVEL 6 (Perpres 8 2012 KKNI) sebagai berikut:
- Mampu mengaplikasikan keilmuan dibidang Tadris IPA dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan atau seni pada bidang Tadris IPA dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
- Menguasai konsep teoritis bidang Tadris IPA secara umum dan konsep teoritis bagian khusus peneliti di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memfokuskan pada konsep bioteknologi untuk ekopedagogik pada pembelajaran IPA
- Menunjang kemampuan lulusan dalam pembelajaran yang progresif dan inovatif.
- Mampu memformulasikan penyelasaian masalah prosedural.
- Mampu mangambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data di bidang Tadris IPA dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tangggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dibidang Tadris IPA.