Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 TADRIS IPS

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) AL-FATIMAH BOJONEGORO

Berdasarkan capaian pembelajaran program studi sarjana Tadris IPS merujuk pada SN DIKTI atau KKNI level 6 (Perpres No. 8 Tahun 2012 Tentang KKNI) sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan keilmuan dibidang Tadris IPS dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, pada bidang Tadris IPS dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang Tadris IPS secara umum dan konsep teoritis bagian khusus ecopedagogi, etnopedagogi, media pembelajaran, dan edupreneurship secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dibidang Tadris IPS dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi di bidang Tadris IPS.

Rumusan capaian pembelajaran diatas merupakan turunan dari 3 profil lulusan yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Guru Mata pelajaran IPS multidisiplin berbasis nilai nilai keislaman dan kearifan lokal (etnopedagogis dan ecopedagogis)

Sarjana Tadris IPS yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran IPS pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) yang memiliki kepribadian islami, berpengetahuan luas berdasarkan kearifan lokal (etnopedagogi dan ecopedagogi).

Sarjana Tadris IPS yang menguasai penggunaan media pembelajaran dalam konsep Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui pendekatan interdisipliner dan prinsip pedagogi-didaktik IPS. Lulusan bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan profesi menjadi guru IPS SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi melalui penggunaan media pembelajaran IPS.

2. Asisten Peneliti bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Sarjana pendidikan yang memilki kemampuan kerja, penguasan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tangung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertangung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Peneliti yang mampu menganalisa, mengkaji dan mengevaluasi permasalah an pembelajaran IPS pada jenjang SD/MI, MTs/SMP, SMA/MA dan sederajat, mengunakan metodologi ilmiah kemudian melaporkannya secara tertulis berdasarkan prinsip-prinsip penulisan ilmiah, berpengetahuan luas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran keislaman, keilmuan dan keahlian. Lulusan sarjana program studi Tadris IPS dibekali kemampuan sebagai peneliti yang mampu membuat rancangan penelitian berbasis kearifan lokal, penelitian pengembangan (model pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembela jaran). Lulusan S1 Tadris IPS bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan profesi menjadi asisten peneliti bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan interdisipliner.

3. Entrepreneur bidang Pendidikan (Edupreneurship)

Menjadi wirausahawan yang bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penggunaan media pembelajaran/pemanfaatan teknologi informasi digital untuk mengembangkan ekonomi kreatif dalam sektor pendidikan.

Relevansi profil lulusan dan capaian pembelajaran dengan keunikan program studi S1 Tadris IPS bisa dilihat dari keunggulan profil sebagai guru mapel IPS yang interdisipliner berbasis kearifan lokal etnopedagogi dan ecopedagogi dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan memanfaatkan media pembelajaran. Program studi S1 Tadris IPS memperhatikan keterpaduan (integrited) materi pembelajaran secara interdisipliner. Lulusan program studi S1 Tadris IPS juga dibekali kemampuan sebagai enterprenur bidang pendidikan (edupreneurship) dengan menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI S1 TADRIS IPS

Adapun uraian tentang capaian pembelajaran telah disesuaikan pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020  tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; KKNI Level level 6  dan SN-DIKTIS tahun 2020 Pasal 7; dan APRIPSI (Asosiasi Perkumpulan Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) serta keter-kaitannya dengan visi keilmuan dan profil lulusan diuraikan sebagai berikut ini:

A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.   

B. Pengetahuan 

  1. Menguasai konsep teoretis pedagogi-didaktik meliputi perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
  2. Menguasai prinsip-prinsip dasar teknologi informasi dan komunikasi serta terapannya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Menguasai etnopedagogi dan ecopedagogi untuk menganalisis permasalahan fenomena alam, sosial-budaya dan memformulasikan perintah kerja (service order) di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.
  4. Menguasai konsep dasar multidisiplin Ilmu Pengetahuan Sosial dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Menguasai dasar-dasar kepemimpinan untuk menggerakkan kelompok kerja.
  6. Menguasai skenario pengembangan metode penelitian jangka panjang.
  7. Menguasai tata kelola dan administrasi pembelajaran secara profesional.
  8. Menguasai dasar dasar kewirausahaan berdasarkan ekonomi kreatif bidang pendidikan.         

C. Keterampilan Khusus    

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkankinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu melakukan eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan pembuktian formal dalam merumuskan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan variabel dan asumsi yang spesifik melalui pendekatan multidisiplin ilmu dan kearifan lokal berdasarkan etnopedagogi dan ecopedagogi.
  2. Merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis, memodelkan pembelajaran IPS berbasis multidisiplin ilmu dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan model dan kemanfaatan model dan menarik kesimpulan yang kontekstual.
  3. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif model pembelajaran IPS interdisipliner dan menyajikan simpulan analisis secara mandiri atau kelompok, untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  4. Mampu menilai dan menganalisis pembelajaran IPS berbasis interdisipliner dan kearifan lokal yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman.
  5. Mampu merancang, melaksanakan, mereview, dan merumuskan hasil analisis penelitian bidang IPS.
  6. Mampu mengembangkan pekerjaan dengan menggali permasalahan berdasarkan data dan fakta pada kekayaan budaya dan sumberdaya alam sebagai dasar entrepreneur bidang pendidikan (Edupreneurship).

Berdasarkan uraian diatas, Capaian Pembelajaran yang berlaku di Prodi S1 Tadris IPS sebagai berikut :

CPL

RUMUSAN

BAHAN KAJIAN

MATAKULIAH

 

SIKAP

I.1 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

Nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa berdasarkan agama, moral, dan etika

1.   Pancasila

2.   Agama

3.   Studi Fiqh

4.   Studi Keislaman

5.   Tafsir & Hadist Tarbawi

6.   Sejarah Pendidikan Islam

7.   Kepesantrenan

8.   Etika & Profesi Keguruan

9.  Kewarganegaraan

10.Pendidikan Multikultural

11.Studi Masyarakat Indonesia

12.Bahasa Indonesia

13.Uji Komprehensif

14.KKN

15.PLP

16.Skripsi

17.Proposal Skripsi

PENGETAHUAN

II.1 Menguasai konsep teoretis pedagogi-didaktik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran IPS dengan pendekatan interdisipliner.

1.   Landasan kependidikan

2.   Konsep dasar keilmuan IPS

3.   Dasar keahlian

4.   Pendekatan IPS Terpadu

5.   Keterpaduan materi bidang kajian IPS

1.    Manajemen Pendidikan

2.    Psikologi Pendidikan

3.    Landasan Pendidikan

4.    Filsafat Pendidikan

5.    Perencanaan Pembelajaran IPS

6.    Kurikulum Pembelajaran IPS

7.    Evaluasi Pembelajaran IPS

8.    Strategi Pembelajaran IPS

9.    Pengembangan Materi & Bahan Ajar IPS

10. Etika & Profesi Keguruan

11. Perkembangan Peserta Didik & Pengelolaan Kelas

12. Geografi Kesejarahan

13. Geografi Lingkungan*

14. Kajian Sosiologi Pedesaan & Perkotaan

15. Ekonomi Hijau*

16. Kajian Modal Sosial*

17. Kajian Ekonomi Mikro Lanjutan

18. Kajian Ekonomi Makro & Ekonomi Kreatif

19. Pembelajaran IPS Terintegrasi

20. Studi Pembangunan Berkelanjutan*

21. Sejarah Indonesia Klasik*

22. Sejarah Indonesia Kontemporer*

23. Sosiologi Pendidikan*

24. Konsep Dasar IPS

25. Dasar Ilmu Sosiologi

26. Dasar Ilmu Antropologi

27. Dasar Ilmu Sejarah

28. Dasar Ilmu Geografi

29. Dasar Ilmu Ekonomi

30. Edupreneurship

31. Entrepreneurship

32. Mitigasi Bencana

33. Pendidikan Multikultural

34. Studi Masyarakat Indonesia

35. Microteaching

36. PLP

37. Pancasila

38. Kewarganegaraan

II.2 Menguasai prinsip-prinsip dasar media pembelajaran / teknologi informasi dan komunikasi serta terapannya dalam pembelajaran IPS.

1.   Teknologi dalam pembelajaran

2.   Media Pembelajaran

3.   Pengembangan Media Pembelajaran IPS interdisipliner

4.   Inovasi Pembelajaran IPS

1.    Pembelajaran Inovatif

2.    Teknologi Pembelajaran

3.    Media Pembelajaran IPS

4.    Produksi Media dan Alat Peraga IPS\

5.    Inovasi Media Pembelajaran IPS Berbasis Ekologi

6.    Desain Pembelajaran Kearifan Lokal Berbasis Edupreneurship

II.3 Menguasai kajian etnopedagogi dan ecopedagogi untuk menganalisis permasalahan fenomena alam, sosial-budaya dalam pembelajaran IPS yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah hasil penelitian

1.   Analisis kajian kearifan local

2.   Analisis masalah sosial

3.   Prosedur penelitian kualitatif dan kuantitatif bidang pendidikan

4.   Pengumpulan data dan analisis data kuantitatif dan kualitatif bidang pendidikan

5.   Publikasi penelitian

1.    Etnopedagogi

2.    Ecopedagogi

3.    Dasar-Dasar Metodologi Penelitian

4.    Metodologi Penelitian Kuantitatif

5.    Metodologi Penelitian Kualitatif

6.    Statistika

7.    Statistika Lanjutan

8.    Publikasi Artikel Jurnal

KETERAMPILAN UMUM

III.1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau publikasi artikel jurnal dengan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

1.  Partisipasi kehidupan bermasyarakat

2.  Laporan tugas akhir

3.  Prosedur Penelitian di bidang pendidikan

1.   KKN Asistensi Mengajar*

2.   KKN Kewirausahaan*

3.   Magang Riset*

4.   Uji Komprehensif

5.   Proposal Skripsi

6.   Skripsi

7.   Publikasi Artikel Jurnal

8.   Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi

9.   Statistika

10.Statistika Lanjutan

III.2.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

1.   Adaptasi kegiatan kelompok dan mandiri

2.   Kemampuan mengelola pembelajaran

1.     Microteaching

2.     Praktik Lapangan Persekolahan (PLP)

KETERAMPILAN KHUSUS

IV.1.Terampil melakukan eksplorasi dan penalaran logis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kearifan lokal (etnopedagogi dan ecopedagogi) melalui pendekatan interdisipliner dengan pemanfaatan media pembelajaran / teknologi informasi.

1.   Eksplorasi pembelajaran IPS

2.   Mengembangkan teknologi dalam pembelajaran IPS

3.   Pembelajaran IPS berbasis interdisipliner dan kearifan lokal

4.   Penerapan keterampilan mengajar calon guru IPS

5.   Pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS

1.     Ecopedagogi

2.     Etnopedagogi

3.     Pembelajaran IPS Terintegrasi

4.     Geografi Kesejarahan

5.     Konsep Dasar IPS

6.     Mitigasi Bencana

7.     Dasar Ilmu Geografi

8.     Dasar Ilmu Sosiologi

9.     Dasar Ilmu Ekonomi

10.  Dasar Ilmu Sejarah

11.  Dasar Ilmu Antropologi

12.  Studi Masyarakat Indonesia

13.  Pembelajaran Inovatif

14.  Media Pembelajaran IPS

15.  Teknologi Pendidikan

16.  Evaluasi Pembelajaran IPS

17.  Kurikulum Pembelajaran IPS

18.  Strategi Pembelajaran IPS

19.  Perencanaan Pembelajaran IPS

20.  Pengembangan Materi & Bahan Ajar IPS

21.  Etika & Profesi Keguruan

22.  Kajian ekonomi mikro lanjutan

23.  Geografi Lingkungan*

24.  Ekonomi Hijau*

25.  Kajian Modal Sosial*

26.  Studi Pembangunan Berkelanjutan*

27.  Sejarah Indonesia Klasik*

28.  Sejarah Indonesia Kontemporer*

29.  Sosiologi Pendidikan*

30.  Produksi Media dan Alat Peraga IPS

31.  Inovasi Media Pembelajaran IPS Berbasis Ekologi

IV.2. Terampil melakukan analisis dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan interdisipliner yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman

1.   Pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS

2.   Pembelajaran IPS diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman sebagai kekhasan perguruan tinggi berbasis agama islam

1.     Agama

2.     Studi Fiqh

3.     Kepesantrenan

4.     Studi Keislaman

5.     Tafsir dan Hadist Tarbawi

6.     Sejarah Pendidikan Islam

IV.3 Terampil merancang, melaksanakan, mereview, dan merumuskan penelitian bidang IPS dalam bentuk publikasi ilmiah dan berbagai media kepada masyarakat untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran IPS

1.   Artikel ilmiah hasil penelitian pendidikan

2.   Mini riset pembelajaran IPS

3.   Komponen mini riset pembelajaran IPS

1.     Teknik Penulisan Karya Ilmiah & Publikasi

2.     Publikasi Artikel Jurnal

3.     Studi Masyarakat Indonesia

4.     Dasar-Dasar Metodologi Penelitian

5.     Metodologi Penelitian Kuantitatif

6.     Metodologi Penelitian Kualitatif

IV.4 Menguasai dasar-dasar kewirausahaan berdasarkan ekonomi kreatif bidang pendidikan (edupreneurship) dan kearifan lokal

1.   Kajian kewirausahaan dalam pembelajaran IPS

2.   Integrasi kewirausahaan dengan kearifan lokal

1.  Edupreneurship

2.  Entrepreneurship

3.  Ekonomi Makro dan Ekonomi Kreatif

4.  Desain Pembelajaran Kearifan Lokal Berbasis Edupreneurship

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) PRODI S1 TADRIS IPS FAKULTAS TARBIYAH

CPL SIKAP (S)

 

CPL-1 (S-1)

I.1 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL PENGETAHUAN (P)

 

CPL-2 (P-1)

II.1 Menguasai konsep teoretis pedagogi-didaktik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran IPS dengan pendekatan interdisipliner.

CPL-3 (P-2)

II.2 Menguasai prinsip-prinsip dasar media pembelajaran / teknologi informasi dan komunikasi serta terapannya dalam pembelajaran IPS.

CPL-4 (P-3)

II.3 Menguasai kajian etnopedagogi dan ecopedagogi untuk menganalisis permasalahan fenomena alam, sosial-budaya dalam pembelajaran IPS yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah hasil penelitian

CPL KETERAMPILAN UMUM (KU)

 

CPL-5 (KU-1)

III.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau publikasi artikel jurnal dengan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

CPL-6 (KU-2)

III.2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

CPL KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

 

CPL-7 (KK-1)

IV.1.Terampil melakukan eksplorasi dan penalaran logis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kearifan lokal (etnopedagogi dan ecopedagogi) melalui pendekatan interdisipliner dengan pemanfaatan media pembelajaran / teknologi informasi.

CPL-8 (KK-2)

IV.2. Terampil melakukan analisis dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan interdisipliner yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman

CPL-9 (KK-3)

IV.3. Terampil merancang, melaksanakan, mereview, dan merumuskan penelitian bidang IPS dalam bentuk publikasi ilmiah dan berbagai media kepada masyarakat untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran IPS

CPL-10 (KK-4)

IV.4. Menguasai dasar-dasar kewirausahaan berdasarkan ekonomi kreatif bidang pendidikan (edupreneurship) dan kearifan lokal

 

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran program studi sarjana Tadris IPS merujuk pada SN DIKTI atau KKNI level 6 (Perpres No. 8 Tahun 2012 Tentang KKNI) sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan keilmuan dibidang Tadris IPS dan memanfaatkan lmu pengetahuan, teknologi, pada bidang Tadris IPS dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang Tadris IPS secara umum dan konsep teoritis bagian khusus ecopedagogis dan etnopedagogis secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dibidang Tadris IPS dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi di bidang Tadris IPS.
Instagram